Penyakit Komplikasi yang Dipicu oleh Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang dapat menyerang siapa saja dari segala usia. Penderita diabetes umumnya memiliki kadar gula darah tinggi, sehingga beberapa organ dalam tubuh tidak bisa berjalan optimal. Pada wanita, diabetes dapat menyebabkan infeksi vagina sementara pada pria akibat disfungsi ereksi. Sekarang, apakah kondisi yang disebabkan oleh diabetes berhenti pada dua hal di atas? Jawabannya adalah tidak. Jika kadar gula darah dalam tubuh tidak dapat dikendalikan sebanyak mungkin, komplikasi mungkin terjadi. Beberapa komplikasi yang terjadi dapat menyebabkan penyakit lain yang sangat berbahaya. Berikut adalah beberapa penyakit kronis yang juga terjadi akibat diabetes.

Penyakit jantung
Kadar gula darah yang tinggi di pembuluh darah menyebabkan plak atau presipitasi. Endapan ini berlangsung lambat dan menyebabkan gangguan aliran darah. Jika pembuluh darah yang mengarah ke jantung semua mengalami kondisi ini, penyakit jantung akan terjadi. Tubuh akan bekerja lebih keras untuk mendorong darah ke dan dari jantung. Kerja keras ini menyebabkan gangguan detak jantung dan memengaruhi pasokan darah dan oksigen ke tubuh. Penyakit jantung yang diakibatkan diabetes juga dapat menyebabkan kematian.

Gangguan Vaskular
Selain berhubungan langsung dengan jantung, yang merupakan pusat sirkulasi darah, kondisi ini juga menyerang beberapa organ penting, seperti otak. Jumlah plak dalam pembuluh darah menyebabkan gangguan pada suplai darah dan oksigen ke otak. Pembatasan arteri menyebabkan stroke. Masalah pembuluh darah karena itu tidak hanya menyebabkan masalah ereksi. Sebagian besar organ yang membutuhkan suplai darah dari tubuh akan mengalami gangguan, membuat penderita diabetes semakin kronis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *